Fishing

3 Desa Terdampak Banjir Terima Bantuan Sembako

Kam13062024

Last updateMin, 09 Jun 2024 11pm

bjb

Aneka

3 Desa Terdampak Banjir Terima Bantuan Sembako

Bupati Kuningan saat meninjau desa terdampak banjir bandang.

Kuningan Terkini - Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH meninjau langsung lokasi bencana banjir bandang di 3 desa terdampak di Kecamatan Selajambe. Diantaranya, Desa Jamberama, Desa Selajambe dan Desa Ciberung, Minggu (26/03/2023).

Didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, S.STP, Kadis Sosial, Dr. Deni Hamdani, M.Si dan Plt Kadis PUTR, Ir Usep Sumirat, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH memberikan bantuan berupa sembako, selimut, tikar dan alat perlengkapan dapur kepada warga yang terdampak banjir, serta menjanjikan bibit ikan kepada para warga yang kolam ikannya terkena banjir.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, S.STP, banjir bandang di sebabkan tersumbatnya aliran sungai oleh pepohonan yang longsor ditebing hutan. Sehingg,a air meluap merendam sejumlah rumah warga. Tercatat, di Desa Jamberama 12 rumah terendam dan di Desa Selajambe 9 rumah terendam berikut dengan kolam ikan warga yang tergerus Sungai.

“Sementara, di Desa Ciberung, jembatan pelangi atau jembatan gantung yang menghubungkan Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Ciamis terputus. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,” katanya.

Sementara, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH saat dilokasi mengatakan, pihaknya meminta untuk penataan bangunan di sepadan sungai yang terkadang membahayakan. Ia juga menghimbau kepada Kepala Desa untuk menindak siapapun warga Desa yang akan membangun di bantaran kali, agar tertib karena pembangunan di sekitar Sungai ada aturannya.

“Terlepas itu tanah milik warga, saya berharap ke depan agar masyarakat tidak sembarang membangun bangunan di dekat aliran Sungai. Karena jika telah meluap, kejadiannya akan seperti ini,” terangnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing