Fishing

Panwas Sasar Pemilih Disabilitas

Sab18052024

Last updateSen, 13 Mei 2024 10am

bjb

Politik

Panwas Sasar Pemilih Disabilitas

Panwas Sasar Pemilih Disabilitas

Kuningan Terkini - Jelang Pilkada 2018, gerakan sosialisasi pemilu ternyata gencar dilakukan Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) Kabupaten Kuningan. Bahkan, Panwaslu menyasar para pemilih pemula sekaligus penyandang disabilitas (berkebutuhan khusus).

Sosialisasi yang digelar Panwaslu Kuningan diikuti sedikitnya 100 peserta, baik dari kalangan pemilih pemula hingga kelompok disabilitas. Sosialisasi yang dihadiri langsung Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto itu, diikuti pula dari sejumlah perwakilan ormas dan badan eksekutif mahasiswa.

“Pengawasan partisipatif dari masyarakat akan menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan Pilkada Bupati dan Gubernur. Jadi, kami dari pengawas pemilu berharap agat masyarakat ikut aktif untuk mengawasi proses pemilu,” ucap Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto dalam keterangan persnya, Minggu (29/10).

Dikatakan, bahwa keterlibatan masyarakat dalam suksesi Pemilu nanti sangat dibutuhkan. Pilkada serentak tahun 2018 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena Panwas harus aktif bukan hanya menunggu laporan dari warga. “Kami dari pengawas pemilu akan siap menunggu informasi mengenai kecurangan pemilu. Mulai dari dugaan money politik, ujaran kebencian, dan semua yang diduga masuk pelanggaran pemilu,” katanya.

Sementara Ketua Panwaslu Kuningan Jubaedi SH didampingi anggotanya Ondin Sutarman menuturkan, sosialisasi akan pengawasan partisipatif akan terus dilalukan hingga menjelang Pilkada digelar.

“Dalam waktu dekat, sosialisasi gelombang kedua yang menyasar organisasi kemasyarakatan juga akan kembali digelar. Rencananya pada Rabu nanti kita juga akan menggelar acara serupa, sebab Pilkada ini hajat kita semua,” pungkasnya. (yan)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing