Fishing

Disnaker Cetak Generasi Siap Kerja Kuningan

Min28042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Ekonomi

Disnaker Cetak Generasi Siap Kerja Kuningan

Peserta Pelatihan Disnakertrans Kabupaten Kuningan

Kuningan Terkini - Disnakertrans tengah merampungkan gelombang akhir pelatihan gratis bagi 880 peserta terseleksi melalui UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kuningan, para peserta mendapatkan keahlian, sertifikat kompetensi, dan kesempatan penyaluran kerja. Kepala UPTD BLK Agus Sustiawan menyampaikan, program pemerintah pusat ini memiliki kuota terbatas yaitu 55 paket dimana setiap paket berjumlah 16 peserta.

Hal disesuaikan dengan anggaran dan sarana yang ada dibawah naungan Balai Besar Pelatihan Kerja Bandung. Tahun 2019 disediakan pelatihan Teknik Las, Otomotif, Teknik Informasi, Teknik Bangunan, Garmen, Tata Boga, dan Tata Kecantikan.

“Program ini bisa mengurangi jumlah pengangguran karena mereka mendapatkan kompetensi keahlian dan mempunya sertifikat. Artinya mereka bisa membuka usaha sendiri atau melamar pekerjaan, umumnya para lulusan bisa mandiri,” jelas Agus disela-sela monitoring pelatihan, rabu (06/11/2019).

Sertifikat yang diberikan kepada peserta lanjutnya, ada 2 lembar yakni sertifikat yang dikeluarkan UPTD BLK Kuningan, kemudian sertifikat yang kedua adalah sertifikat uji kompetensi dari lembaga sertifikasi profesi dari lembaga Badan Nasional Sertifikasi Profesi Bandung bagi yang lulus uji ini.

“Sebagai upaya penyaluran kerja, ada beberapa perusahaan yang bersedia merekrut lulusan BLK setiap tahunnya, ini masih terus dikembangkan, kami terbuka jika ada perusahaan yang membutuhkan SDM Baru, lulusan BLK ini disa direkrut,”ujarnya.

Agus menambahkan, setelah lulus peserta diberikan latihan pembinaan mental dan nasionalisme, pihaknya dalam hal ini bekerjasama dengan pihak terkait seperti TNI. Pendaftaran di tahun 2020 nanti Disnakertrans Kuningan akan mengumumkan kepada masyarakat kemudian diikutsertakan dalam seleksi. Peserta akan mendapat latihan intensif selama 100 jam dengan rata-rata pelaksanaan latihan selama 20 hari bersama pelatih yang bersertifikasi. (Bubud Sihabudin)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing