Fishing

Kualitas Air Keruh, PAM Tirta Kamuning Minta Maaf

Sab18052024

Last updateSen, 13 Mei 2024 10am

bjb

Ekonomi

Kualitas Air Keruh, PAM Tirta Kamuning Minta Maaf

Kadiv Pelayanan & Pemasaran PAM Tirta Kamuning, Anto Riyanto didampingi M. Rifai

Kuningan Terkini - Terkait adanya keluhan terhadap keruhnya kualitas air yang diterima pelanggan yang berada di wilayah kantor cabang pelayanan Kramatmulya, di respon cepat PAM Tirta Kamuning. Menurut Kadiv Pelayanan & Pemasaran, Anto Riyanto didampingi M. Rifai, kejadian keruhnya sumber air tersebut berasal dari arang bekas kebakaran hutan Ciremai beberapa waktu yang lalu.

“Beberapa waktu lalu telah terjadi kebakaran sekitar 1.400 hektar hutan Ciremai. Saat musim hujan ini, sisa-sisa atau abu kebakaran tersebut terbawa air permukaan akibat hujan deras,” katanya Senin (02/03/2020).

Sebenarnya kata Anto, pihaknya sudah melakukan penutupan, karena kotornya air di hulu ini sudah diinformasikan oleh petugas di lapangan. Namun, mungkin air kotor tersebut ada sebagian yang masuk ke pipa dan sampai ke perumahan konsumen. Kedepan, pihaknya akan mengupayakan pembuatan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di sumber air tersebut dengan meminta anggaran kepada Pemerintah Daerah, supaya tidak terjadi lagi kejadian seperti saat ini.

“Atas kejadian itu, kami meminta maaf kepada Pelanggan PAM Tirta Kamuning yang mendapat kualitas air keruh, Kami dari manajemen PAM Tirta Kamuning meminta maaf, ini adalah force majeure. Kejadian yang di luar kemampuan kami dan tidak bisa kami hindari. Bukan kami tidak peduli pada kepuasan pelanggan, ini memang susah untuk diproses, karena bahan bakunya memang sudah kotor seperti itu,” paparnya.

Lebih jauh Anto mengatakan, kendala air dari sumber Batu Nganjut yaitu airnya berasal dari air permukaan, yang debit airnya banyak hanya pada saat musim hujan. Sedangkan saat musim kemarau, air di sumber tersebut sama sekali tidak ada. Namun demikian, pihaknya bertanggungjawab terhadap pelayanan dan kepuasan untuk pelanggan. PAM Tirta Kamuning kami berupaya agar secepatnya masalah ini segera teratasi.

“Kami informasikan, Pada Bulan Maret ini, PAM Tirta Kamuning akan membangun instalasi pada sumber mata air baru, yaitu Sumber Mata Air Cibangir. Apabila telah selesai dibangun, airnya dipergunakan untuk melayani pelanggan yang berada pada wilayah Pelayanan PAM Tirta Kamuning Kabupaten Kuningan Kantor Cabang Pelayanan Kramatmulya,” pungkasnya.(Hans)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing