Min29012023

Last updateKam, 26 Jan 2023 10pm

bjb

Wisata

Santana Kesultanan Cirebon Kunjungi Objek Wista Cibulan,

Santana Kesultanan Cirebon saat berkunjung ke obwis Cibulan.

Kuningan Terkini - Dalam giat perjalanan mengenalkan konsep Parawisata berbasis Sejarah, Budaya, Tradisi dan Religi, Santana Kesultanan Cirebon mengunjungi salah satu objek wisata Cibulan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Jum’at (04/03/2022).

Menurut Raden Hazaiya, dalam kunjungan kali ini, ada beberapa kajian terkait pemajuan perekonomian masyarakat melalui konsep Parawisata berbasis Sejarah, Budaya, Tradisi dan Religi. Jika situs di obyek wisata Cibulan tersebut dikelola dengan baik, akan menjadi magnet wisata bagi masyarakat untuk berziarah dari berbagai daerah hingga saat ini.

“Objek Parawisata Alam Cibulan dengan ikan dewa yang melegenda dan adanya beberapa situs, akan dikaji lebih mendalam,” katanya.

Sementara, H. Didi Sutardi selaku owner Wisata Alam Cibulan menuturkan, selain ada beberapa situs, Cibulan memiliki salah satu ikan istimewa. Dimana, ikan ini hanya ada di Cibulan, ikan tersebut biasa dinamakan dengan Ikan Dewa, Ikan Dewa Cibulan memiliki khas sendiri karena Ikan Dewa Cibulan sangat tertarik apel merah sebagai makanannya.

Ditempat yang sama, Sultan Sepuh Jaenudin II Arianatareja Keraton Kasepuhan Cirebon berharap, objek wisata Cibulan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan menjaga kelestarian ikan dewa beserta situs yang ada di tengah objek wisata Cibulan.

“Obyek wisata Cibulan merupakan potensi wisata alam berbasis sejarah dan budaya yang harus tetap terjaga kelestariannya. Jangan sampai lusuh,” ucapnya.

Akhir kesempatan, Santana Kesultanan Cirebon memberikan anugerah penyematan Ketua Pemangku adat Manis Kidul kepada H. Didi Sutardi yang langsung disematkan oleh ketua Buhun tinggi Nusantara Santana Kesultanan Cirebon (SKC), Raden Nana Mulyana Latief ST.(gg)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing