Sel19032024

Last updateRab, 13 Mar 2024 8pm

bjb

Politik

Pertemuan Wabup, Gerindra dan PKB, Politis?

Sujarwo

Kuningan Terkini - Pertemuan antara Wabup Kuningan, HM. Ridho Suganda dengan Ketua Gerindra, H. Dede Ismail dan Ketua PKB, H. Ujang Kosasih beserta seluruh anggota DPRD, tidak mudah untuk menghindari munculnya dugaan pertemuan tersebut berbau politis, bukan sekedar silaturahmi biasa tanpa direncanakan. Demikian disampaikan pemerhati kebijakan Kuningan, Sujarwo kepada Kuningan Terkini, Minggu (20/09/2020).

Terlebih kata Mang Ewo, sapaan akrabnya, pertemuan terjadi satu hari setelah kedua Parpol besar tersbut dihabisi dari unsur Pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang selama ini dinilai memiliki posisi strategis dan memiliki nilai gengsi bagi sebuah Partai Politik.

“Pertemuan tersebut, terkesan sebagai bentuk perlawanan kedua Parpol tersebut kepada Parpol yang berkuasa di Legislatif yang dipimpin oleh pimpinan tertinggi Lembaga Eksekutif Kuningan, yakni H. Acep Purnama,” katanya menjelaskan.

Kehadiran sosok Wabup Kuningan, HM. Ridho Suganda kata Mang Ewo, terkesan kedua Parpol tersebut (Gerindra dan PKB) sedang mengelus kader partai yang dipimpin H. Acep Purnama untuk diusung pada helatan politik lima tahunan (Pilbup), walau agenda tsb masih cukup lama dengan asumsi dilaksnakan pada 2023.

“Kalaupun ada kelompok masyarakat memandang manuver Gerindra dan PKB mendekati HM. Ridho Suganda yang hingga saat ini belum menyatakan diri akan tampil pada Pilbup nanti, hanya sebuah manuver dan gertak sambal pada Parpol Penguasa, baik di Legislatif maupun Eksektutif, juga menjadi pandangan yang tidak bisa disalahkan,” paparnya.

Lebih jauh Mang Ewo mengungkapkan, jika kecurigaan masyarakat terkait apa yang dilakukan Gerindra dan PKB hanya sebuah manuver dan gertak sambal belaka demi kepentingan sesaat petingginya, dikhawatirkan akan berdampak kurang baik terhadap kedua Parpol tersebut.

“Kehadiran Wabup M. Ridho Suganda yang merupakan anak bungsu dari mantan Bupati 2 periode, H. Aang Hamid Suganda dan Alm. H. Utje yang juga mantan Bupati Kuningan meneruskan jejak suaminya, tidak mustahil akan memunculkan asumsi sebagai langkah untuk memuluskan jalan menuju pertarungan pada Pilbup Kuningan yang akan datang,” terangnya.

Prediksi tersebut tegas Mang Ewo, tak berlebihan jika HM. Ridho Suganda punya keinginan sebagai Cabup bukan Cawabup. “Karena kemungkinan besar H. Acep Purnama diprediksi akan maju kembali sebagai Cabup, terlebih aturan masih membolehkan,” pungkasnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing