Jum29032024

Last updateRab, 27 Mar 2024 3pm

bjb

Pendidikan

Ratusan Pelajar Ikuti GIS & Remote Sensing Uniku

Remote Sensing Uniku.

Kuningan Terkini - Ratusan siswa/i SMAN 1 Mandirancan Kuningan mengikuti Kuliah Umum GIS & Remote Sensing yang digelar Fakultas Kehutanan (FHut) Universitas Kuningan (Uniku), di Aula Fakultas Kehutanan Universitas Kuningan, Sabtu (08/02/2020).

Wakil Rektor III Uniku, Ilham Adhya, S.Hut., M.Si dalam sambutannya menekankan pentingnya peran pemerintah untuk memfasilitasi pembangunan infrastruktur IG untuk memperlancar penyelenggaraannya. Geographic Information System (GIS) atau Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sebuah perangkat yang memiliki kemampuan yang canggih.

“GIS biasa digunakan oleh para profesional untuk menyimpan, menampilkan dan memanipulasi/mengoreksi data geografis/spasia,” katanya.

Secara umum kata Ilham, kondisi industri IG nasional masih memerlukan penguatan agar dapat mengejar kemajuan negara-negara ASEAN lainnya. Karenanya, pemerintah wajib memfasilitasi pembangunan infrastruktur IG, dalam hal ini Sumber Daya Manusia untuk memperlancar penyelenggaraan IG.

Pada kesempatan yang sama, Iing Nashihin, S.Hut, M.Si menambahkan, Remote Sensing merupakan sebuah kegiatan merekam suatu objek tanpa kontak fisik, melainkan dengan menggunakan alat, seperti pesawat terbang, balon udara, satelit, dan lain-lain.

“Adapun tujuan utama Remote Sensing atau penginderaan jauh adalah untuk mengumpulkan data sumber daya alam dan lingkungan,” pungkasnya.(NR)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing