Fishing

Diskominfo Jabar Kembangkan Ekosistem Data

Kam13062024

Last updateMin, 09 Jun 2024 11pm

bjb

Pemerintahan

Diskominfo Jabar Kembangkan Ekosistem Data

Kadiskominfo Kuningan, DR. Wahyu Hidayah, M.Si berfoto bersama usai kegiatan.

Kuningan Terkini - Untuk mengembangkan Ekosistem Data Jabar dan mewujudkan Interoperabilitas Portal Data Jabar, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat menggelar Diseminasi Ekosistem Data Jabar dan Penandatanganan Berita Acara Interoperabilitas Portal Data Jabar dengan kabupaten/kota se-Jawa Barat, di Hilton Hotel Bandung, Selasa (22/08/2023).

Menurut Sekdis Kominfo Provinsi Jabar, Agi Agung Galuh Purwa, S.STP, M.Sc, MPA, skema Interoperabilitas Portal Data Jabar kabupaten/kota akan menggunakan platform yang sama dengan Provinsi Jawa Barat, termasuk tata kelola (proses bisnis sampai dengan monitoring dan evaluasi).

“Pencapaian kegiatan Interoperabilitas Portal Data Jabar tahun 2023 mencapai total 26.144 dataset yang tersedia. Portal Data Instansi wajib terhubung dengan Portal Satu Data Indonesia (Pasal 4 ayat (5), Peraturan Menteri PPN/Kepala Bappenas Nomor 17 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Portal Satu Data Indonesia,” katanya.

Sementara, Kadiskominfo Kuningan, Dr. Wahyu Hidayah, M.Si usai melakukan penandatanganan Berita Acara Interoperabilitas Portal Data Jabar mnengatakan, ketersediaan data yang terus meningkat menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah untuk memanfaatkan dan berbagi data dengan cepat, efektif, dan akurat.

“Portal data terintegrasi untuk pengelolaan, keterbukaan, dan kemudahan akses data bagi warga dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Ekosistem Data Jabar terdiri dari Satu Data Jabar, Open Data Jabar, dan Satu Peta Jabar yang saling terhubung termasuk antar kabupaten/kota sebagai sebuah ekosistem data milik Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat,” pungkasnya.(gg)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing