Rab28102020

Last updateSen, 26 Okt 2020 8pm

BJB

Pemerintahan

Rakernas APKP, Menkeu Minta Perbaiki Sistem Informasi

Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah (APKP) Tahun 2020

Kuningan Terkini - Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH beserta jajarannya mengikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah (APKP) Tahun 2020 melalui video teleconference, di ruang rapat Linggajati, Kuningan, Selasa (22/09/2020).

Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 diawali dengan penyampaian Keynote Speech oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, S.E, M.Sc, Ph.D, dilanjutkan dengan Pemberian Penghargaan WTP kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang berhasil meraih Opini WTP 10 kaoli berturut-turut, 5 kali berturut-turut dan Opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Tahun 2019, serta pemberian BMN Awards.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, S.E, M.Sc, Ph.D memberikan apresiasinya kepada kementerian dan lembaga pemerintah yang berhasil mengelola Barang Milik Negara (BMN) dengan baik lewat BMN Awards dengan berbagai kategori. Selain itu, Menkeu juga memberikan arahan terkait langkah-langkah dalam pengelolaan ekonomi masa pandemi Covid-19.

“Perkuat peran aparat pengawas intern pemerintah dalam mengawal program penanganan pandemi covid-19 dimasing-masing kementerian, lembaga dan daerah, baik di pusat maupun di daerah guna penanganan kesehatan dan untuk pemulihan ekonomi,” katanya.

Selain itu kata Menkeu, segera melakukan inventarisasi dan akselerasi penyelesaian berbagai peraturan yang menjadi payung hukum, serta perlu menyusun petunjuk teknis yang komperhensif dengan kondisi yang ada di lapangan. Ia berharap, seluruh kementerian Negara dan lembaga serta pemerintahan daerah, terus memperbaiki sistem informasi data yang akan menjadi basis dalam melaksanakan program penanganan bidang kesehatan dan pemulihan ekonomi.

“Hal ini sangat penting, karena Pemerintah akan terus membangun komunikasi dengan para pemangku kepentingan, termasuk dengan BPK dalam merumuskan strategi antisipasi terhadap berbagai tantangan didalam penyusunan laporan keuangan dan dalam proses pemeriksaan laporan keuangan tahun 2020,” pungkasnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh