Sel19032024

Last updateRab, 13 Mar 2024 8pm

bjb

Olahraga

Uji Tanding PAKSI Cirebon Vs PBSS Kuningan Berlangsung Sengit

Uji Tanding PAKSI Cirebon Vs PBSS Kuningan Berlangsung Sengit

Kuningan Terkini - Uji tanding atlet-atlet Perguruan Silat Pusaka Arya Kemuning Seluruh Indonesia (PAKSI) Kota Cirebon dengan Perguruan Silat PBSS Pencak Silat Klub Bersatu atau lebih dikenal dengan sebutan PS PBSS Kuningan, berlangsung sengit di GOR Ewangga kompleks Stadion Mas’ud Wisnu Saputra.

Pada uji coba tanding persahabatan menjelang pelaksanaan Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar tahun 2021, para pesilat dari perguruan silat yang seringkali menjuarai even-even di tingkat provinsi dan nasional tersebut saling menunjukan teknik dan taktiknya secara maksimal.

“Alhamdulillah, ternyata pada pelaksanaan uji tanding kali ini, para pesilat baik dari PBSS Kuningan maupun PAKSI Cirebon cukup bagus. Termasuk keikutsertaan pesilat yang pada Porda Jabar tahun 2018 di Bogor sempat meraih medali,” ujar Ketua Perguruan Silat PBSS Kuningan, Iyan Irwandi, S.IP, Senin (23/11/2020).

Dari pelaksanaan uji tanding dengan pesilat-pesilat tangguh dari daerah tetangg, lanjut Iyan, diharapkan mampu memotivasi para pesilat Perguruan Silat PBSS Kuningan untuk semakin giat berlatih serta mengevaluasi diri tentang kelemahan dan kelebihan masing-masing pesilat dalam penguasaan teknik dan taktik bertanding.

“Hal itu dimaksudkan supaya jika diberi kesempatan untuk mengikuti seleksi BK Porda di wilayah Kabupaten Kuningan, bisa bermain maksimal sebagaimanamestinya. Supaya kejadian tahun 2017 lalu, dimana hampir 90 persen atlet laga dan seni dikuasai para pesilat PBSS, bisa terulang lagi,” ujarnya.

Namun terang Iyan, kalau pun tidak bisa ikut seleksi karena dikabarkan salah satu persyaratannya harus atlet dari perguruan silat yang terdaftar di Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kuningan, sedangkan PBSS sendiri baru mengajukan pendaftaran sebagai anggota, maka akan diberdayakan di daerah lain saja.

Sementara, Ketua Umum Perguruan Silat PAKSI Kota Cirebon, Agus Muharam berterima kasih kepada jajaran PBSS Kuningan yang telah menjadi parnter dalam latih tanding. Karena hal tersebut sangat penting menjelang pelaksanaan seleksi BK Porda tingkat Kota Cirebon yang bakal dihelat minggu keempat bulan November 2020.

“Pada seleksi BK Porda nanti, kami akan menerjunkan delapan pesilat usia 17-19 tahun yang terdiri dari tiga perempuan dan lima laki-laki. Semoga dengan berbekal dari hasil latih tanding dengan PBSS Kuningan, mampu bermain maksimal sesuai harapan,” ungkapnya.(gg)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing