Jum29032024

Last updateRab, 27 Mar 2024 3pm

bjb

Kesehatan

Dewan Diminta Periksa Limbah RS Sekar Kamulyan

Kundang

Kuningan (KaTer) - Bantahan dari pihak Rumah Sakit Sekar Kamulyan yang menyatakan limbahnya tidak menimbulkan masalah, langsung mendapat reaksi keras dari warga Cigugur, Salah satunya dari warga setempat, Kundang. Menurutnya, ia beserta sejumlah warga lainnya pernah menjadi korban kebocoran limbah RS Sekar Kamulyan.

“Kejadiannya sudah lama, waktu itu saya dan beberapa warga lainnya mengalami gatal-gatal secara serentak akibat limbah rumah sakit yang merembes kemata air terdekat. Air yang bersumber dari mata air tersebut sering dipakai oleh kami untuk keperluan sehari-hari, baik itu untuk mandi dan mencuci bahkan minum,” kata Kundang.

Selain limbah yang bocor kata Kundang, kadang limbah dari rumah sakit tersebut sering mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bukan hanya sekali, tapi sering.

“Kalau mengeluarkan bau itu kami pengen muntah. Apalagi kalau sedang makan, suka gak dilanjutin karena bikin mual,” ungkapnya. Untuk itu, ia berharap dari instansi terkait, DPRD bahkan pemerintah daerah untuk melakukan pengecekan terkait limbah di RS Sekar Kamulyan. Terutama perizinan limbahnya sudah lengkap atau tidaknya. Periksa juga pengolahan limbahnya, sudah memenuhi standar atau tidak.

“Ya kami dari masyarakat berharap persoalan limbah ini cepat teratasi. Karena kami yang sering merasakan dampak dari limbah tersebut,” tukasnya. (DHE)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing