Fishing

FAI Gaungkan Waduk Darma Kepada Dunia

Kam18042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Wisata

FAI Gaungkan Waduk Darma Kepada Dunia

Festival Angklung Internasional (FAI)

Kuningan Terkini - Festival Angklung Internasional (FAI) dan Gowes Wisata yang digelar di obyek wisata Waduk Darma berlangsung meriah, Minggu (28/09/2019). Acara ditandai dengan dimainkannya alat musik tradisional khas sunda ini secara serentak oleh peserta dari kalangan pecinta angklung bersama Pemerintah Kuningan, Kementrian Pariwisata RI dan Disbudpar Provinsi Jawa Barat.

Event tahunan ini merupakan kelanjutan dari rencana pembangunan Waduk Darma sebagai destinasi wisata dunia yang mendapat dukungan penuh dari Ridwan Kamil yang sempat meninjau waduk seluas 425 hektar pada saat hari air sedunia beberapa waktu lalu.

"Kita akan menyongsong masa depan yang lebih baik terkait dengan pengembangan pariwisata Kabupaten Kuningan. Telah dua kali kunjungan Bapak Gubernur di tempat ini (Waduk Darma) karena beliau seorang arsitek, akan merobah tempat wisata ini menjadi tempat wisata berstandar internasional," jelas Acep Purnama dalam sambutannya.

Tema "internasional" di event ini dibuktikan dengan hadirnya perwakilan wisatawan dan mahasiswa dari mancanegara, diantaranya dari Italia, Spanyol, Kazakstan, Madagaskar, Filipina, dan Laos. Mereka diajak pula memainkan alat musik berbahan bambu ini dengan panduan komunitas seni Jay Angklung. Mereka memainkan beberapa irama lagu-lagu terkenal dengan mudah melalui kode tangan sang instruktur membentuk tangga nada.

Sementara itu, event Gowes Wisata Waduk Darma diikuti oleh 138 club sepeda dari berbagai daerah. Mereka menempuh rute sekira 15 Km mengitari Waduk sembari menikmati keindahan alamnya. Acara pembukaan ini mendapatkan sambutan pula dari Staf Ahli Kementrian Pariwisata RI, Anang Sutono. (Bubud Sihabudin)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing