Fishing

Seminar Wirausaha, Ika Beberkan Batik Kuningan

Sab20042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Ekonomi

Seminar Wirausaha, Ika Beberkan Batik Kuningan

Didampingi Kadis Disdag Perin Kuningan, Drs. Sadeli, M.Si, Ketua TP PKK Kuningan, Ika Acep Purnama memperlihatkan batik khas Kuningan.

Kuningan Terkini - Balai Diklat Industri Jakarta, Kementerian Perindustrian RI menggelar sosialisasi Kegiatan Inkubator Bisnis dan Seminar Kewirausahaan di Hotel Grage Sangkan, Kamis (10/10/2019). Pada Kegiatan bertajuk Set Up Your Mind To Be A Creative Entreupreneur, Ketua Dekranasda Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama, didaulat menjadi pemateri.

Dihadapan ratusan perwakilan Industri Kecil dan Menengah (IKM) binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan. Ika memaparkan seputar Batik Khas Kuningan yang memiliki ciri khas 3 icon Kabupaten Kuningan. Diantaranya, Kuda, Bokor Emas dan Ikan Dewa.

“Ada juga beberapa motif batik lainnya, seperti Gunung Ciremai, Perjanjian Linggarjati dan motif lainnya yang berkaitan dengan sejarah Kuningan. Kabupaten Kuningan merupakan salahsatu Kabupaten di Jawa Barat yang mulai memiliki batik khas sendiri sejak Tahun 2008,” terang Ika.

Untuk Sentra batik di Kabupaten Kuningan kata Ika, ada di beberapa Kecamatan. Diantaranya, Kecamatan Jalaksana, Kecamatan Cilimus, Kecamatan Kramatmulya dan Kecamatan Cigugur,” paparnya.

Sementara untuk pengrajin sambung Ika, di Kuningan ada sejumlah pengrajin binaan Disdagperin Kuningan. Diantaranya, IKM Nisya Batik, IKM Bojongsari, IKM Indah Mekar, IKM Batik Sampora dan IKM Batik Paseban. “Dalam pengembangan Batik Khas Kuningan, diharapkan para IKM harus bisa menerapkan lima hal. Yaitu, peningkatan kualitas produk, inovasi, pemanfaatan teknologi, mengikuti tren pasar dan gunakan aplikasi pembukuan,” pungkasnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing