Jum29032024

Last updateRab, 27 Mar 2024 3pm

bjb

Sosial

Unik, Festival Slalom Delman

Bupati lepas Festival Slalom Delman

KUNINGAN TERKINI- Upaya pelestarian budaya, ditunjukan Keluarga Mahasiswa Kuningan (KMK) bersama para kusir delman. Kerjasama keduanya, telah mampu mewujudkan Festival dan Lomba Slalom Delman, di Kompleks Pandapa Paramarta, Minggu (4/2/2018).

Sejak pagi, puluhan delman dengan hiasan khas mereka, sudah berjajar di sebelah utara lapangan pandapa. Di antara mereka, bahkan membawa serta keluarganya, untuk sekedar hiburan dan refreshing.

Festival dibuka oleh Bupati Acep Purnama dengan pelepasan iring-iringan delman yang memutar di ruas Jalan Siliwangi menuju Jalan Aruji Kartawinata dan finish kembali di belakang Stadion Mashud Wisnusaputra. Lebih meriah, tatkala puluhan delman tersebut melakukan slalom di area yang telah dipersiapkan oleh panitia.

Nampak, para kusir delman yang tergabung dalam Persatuan Delman (Perdokar) Kuningan, mempertunjukkan kepiawaian mereka dalam mengendalikan kuda di sirkuit slalom yang lumayan menantang.

Ketua Umum KMK Universitas Islam SGD Bandung, Aris Heryana menjelaskan, Lomba Slalom Delman timbul dari niatan untuk melestarikan budaya leluhur Kuningan.

“Delman sebagai maskot Kuningan sudah dikenal di berbagai daerah. Adanya ungkapan kecil-kecil kuda Kuningan, menunjukkan bahwa Kuda di Kuningan memang sudah ada sejarahnya dan menjadi ikon. Itu wajib dilestarikan," tandas Aris./tat

Add comment


Security code
Refresh


Fishing