Jum29032024

Last updateRab, 27 Mar 2024 3pm

bjb

Pemerintahan

Wabup Buka Sosialisasi E dan T-Samsat

Sosialisasi E-Samsat dan T-Samsat

Kuningan Terkini - WAKIL Bupati Kuningan Dede Sembada membuka Sosialisasi E-Samsat dan T-Samsat di ruang Rapat Linggarjati Aula Rapat Setda Kabupaten Kuningan, Rabu (11/10/2017). Hadir dalam acara tersebut Kepala Cabang Pelayanan Pendapatan Provinsi Wilayah Kabupaten Kuningan, Dra. Hj. Susiawati, M.Si, Pimpinan Cabang Bank BJB Kuningan, Maman Rukmana, perwakilan SKPD serta para camat se-Kabupaten Kuningan.

Menurut Wakil Bupati, Dede Sembada, E-samsat merupakan salah satu inovasi pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahan STNK dengan cara pembayaran melalui ATM Bank yang telah bekerja sama di seluruh Indonesia. T-Samsat adalah fitur yang memungkinkan nasabah bank mendapat informasi dan notifikasi pembayaran pajak dari ponsel.

“Pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor merupakan pajak provinsi, yang 30 % diantaranya merupakan dana bagi hasil kabupaten/kota. Target pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor di Kabupaten Kuningan sebesar Rp. 133.784.000.000,-, sementara realisasinya baru Rp, 30.874.396.680,” papar Wabup Dede Sembada.

Potensi kendaraan bermotor di Kabupaten Kuningan kata Dede, sampai dengan bulan September 2017 sebanyak 324.920 kendaraan. Namun jumlah Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU) sebanyak 76.121 kendaraan (24,79%). Hal itu berpengaruh terhadap capaian target pendapatan yang pada akhirnya berpengaruh kepada dana bagi hasil Kabupaten Kuningan.

Untuk mencapai target tersebut, Kantor Cabang Pelayanan Pendapatan Provinsi Wilayah Kabupaten Kuningan telah melaksanakan sosialisasi baik melalui media elektronik maupun mengajak masyarakat agar membayar pajak kendaraan bermotor tepat waktu. Melalui kegiatan sosialisasi ini para Kepala SKPD diharapkan bisa mengarahkan, mengingaktkan dan menginstruksikan kepada seluruh staf di lingkungan instansinya masing-masin.

“Begitu pula kepada masyarakat Kabupaten Kuningan Wabup Dede Sembada berharap agar membayar pajak kendaraan tepat waktu dan segera melunasi tunggakannya. Apabila kendaraannya sudah berpindah kepemilikan agar segera melapor ke samsat sehingga nantinya bisa dilakukan proteksi dan updating data,” terangnya (NonaRizky)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing