Jum29032024

Last updateRab, 27 Mar 2024 3pm

bjb

Kesehatan

Cegah Diabetes Sejak Dini

Kuningan Terkini - Diabetes mellitus atau kencing manis merupakan salah satu gangguan metabolik yang ditandai kenaikan kadar gula darah. Hingga kini angka kejadiannya terus meningkat.

Analisis yang dilakukan berdasarkan pola pertambahan penduduk, diperkirakan akan terdapat 194 juta penyandang diabetes pada tahun 2030 nanti yang berusia di atas 20 tahun.

"Angka fantastis tersebut tentunya dapat ditekan apabila kita mengetahui cara pencegahannya," kata dr. Nina, seperti dilansir laman Meetdoctor.

Pencegahan diabetes dapat dilakukan mulai dari deteksi dini adanya intoleransi glukosa (gangguan metabolisme yang mendahului diabetes) serta faktor risiko seperti berat badan lebih, tekanan darah tinggi, kurangnya aktivitas fisik, gangguan profil lemak, dan pola diet yang tidak sehat.

Apabila ditemukan adanya faktor risiko tersebut, maka tentunya perlu dilakukan modifikasi perilaku hidup sehingga menjadi lebih sehat.

Adapun beberapa contoh perilaku hidup sehat yang dapat Anda terapkan antara lain pengaturan pola diet (konsumsi lebih banyak karbohidrat kompleks (misal: gandum atau beras merah).

Selain itu, bisa memperbanyak asupan serat, serta kurangi konsumsi makanan yang mengenadung lemak jenuh (misal: gorengan atau mentega).

Langkah terakhir, lakukan olahraga rutin 150 menit per minggu dengan intensitas sedang, dan latihan jasmani dibagi menjadi 3-4 kali aktivitas per minggu. Konsumsi rokok juga sebaiknya dihindari dan capailah berat badan yang ideal.

 

Sumber : viva

Add comment


Security code
Refresh


Fishing