• Home
  • Pemerintahan
  • Parlementaria
  • Politik
  • Hukum
  • Profil
  • Aneka
  • Wisata
  • Sosial
  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Olahraga
  • Kesehatan

Min18112018

Last updateSab, 17 Nov 2018 7pm

Wisata

PEPABRI Rencanakan Destinasi Wisata Agroedutourism

Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar berfoto dengan Bupai Kuningan usai kegiatan.

Kuningan Terkini- Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (PEPABRI), menggandeng Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti Jakarta untuk melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam perencanaan Kabupaten Kuningan sebagai destinasi wisata Agroedutourism. Hal itu terungkap dalam pertemuan pembahasan kerjasama tersebut, di Wisma PEPABRI, sekitar kawasan wisata Linggarjati, Cilimus, kabupaten Kuningan, Jumat (13/7/2018) malam.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Kuningan Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH duduk disamping Agum Gumelar beserta para pengurus PEPABRI dan Tim dari STP Trisakti Jakarta mendengarkan paparan yang disampakan oleh Novi, salah satu narasumber dari STP Trisakti Jakarta.

“Konsep agroedutourism yaitu kegiatan perjalanan atauwisata yang dipadukan dengan aspek-aspek kegiatan pertanian," katanya.

Hal tersebut kata Novi, mengacu pada unsur rekreatif yang sudah menjadi ciri kegiatan wisata, unsur pendidikan dalam kemasan paket wisatanya, serta unsur sosial ekonomi dalam pembangunan pertanian dan perdesaan. Kegiatan ini menitikberaatkan kepada upaya menampilkan kegiatan pertanian dan suasana perdesaan sebagai daya tarik utama wisatanya tanpa mengabaikan segi kenyamanan.

Ketua Umum PEPABR Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar mengatakan, kegiatan yang akan dibangun bersama perguruan tinggi serta didukung pemerintah daerah itu membawa dampak yang baik bagi perkembangan pariwisata di Kabupaten Kuningan. Artinya menarik masyarakat luas untuk semakin mengenal wisata di Kabupaten Kuningan.

“Kemitraan strategis wisma PEPABRI dengan Desa Linggamekar melalui program pemberdayaan masyarakat dengan konsep Desa Wisata diharapkan dapat membawa manfaat, serta berdampak bagi kedua belah pihak, yaitu meningkatnya kesejahteraan masyarakat Desa Linggamekar dan desa-desa di sekelilingnya.” Papar Aum Gumelar.

Sementara, Bupati Kuningan H. Acep Purnama menyambut baik rencana pengembangan wisata tersebut. Ia menaruh harapan upaya tersebut mampu mendukung Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kabupaten Kuningan tahun 2008-2027.

“Hal ini selaras dengan visi pembangunan Kuningan kedepan yaitu menciptakan kabupaten yang menjunjung konsep agropolitan dan wisata termaju di Jawa Barat pada tahun 2027. Untuk itu saya ucapkan terima kasih atas kerjasama ini semoga Kabupaten Kuningan kedepan semakin maju,” ujar Acep.

Sebagai kabupaten konservasi, sambungnya, Kuningan yang memiliki alam yang sangat baik. Diharapkan kedepan semakin maju khususnya dalam sektor wisata alam. Kebijakan Pemerintah Kabupaten Kuningan yang mengarah kepada semangat konservasi dan pelestarian alam akan menjadikan Kuningan kedepan terjaga lingkungannya.

“Melalui rencana pengembangan wisata ini saya berharap wisata alam Kuningan yang berbasis pendidikan dan pertanian akan semakin baik, juga paling penting akan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Kuningan, khususnya Desa Linggamekar dan sekitarnya.” Paparnya.(NR)

Add comment


Security code
Refresh