Fishing

Maknai Sumpah Pemuda, PEKAT IB Baksos

Kam18042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Sosial

Maknai Sumpah Pemuda, PEKAT IB Baksos

Pekat IB Kuningan saat Baksos korban Rumah Kebakaran - ds. Cipancur-kec.Kalimanggis-Kuningan

Kuningan Terkini - Memaknai Hari Sumpah Pemuda, aksi para pemuda yang tergabung dalam ormas PEKAT IB Kuningan melakukan bakti sosial membangun kembali 2 rumah yang terkena musibah kebakaran di desa Cipancur, Kecamatan Kalimanggis-Kuningan, Rabu (28/10/2015).

Menurut Sekjen PEKAT, Nana Mulyana Latif, sebagai generasi bangsa, tidak saja mengkritisi kebijakan pemerintah, PEKAT IB Kuningan yang sebagian besar pemuda melakukan aksi nyata (rel action) untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia berupa bakti sosial bersama masyarakat.

“Tepat di hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2015, kami berbaur dan berpartisipasi dengan masyarakat membangun kembali 2 rumah yang terkena musibah kebakaran,” kata Nana menjelaskan.

Tidak hanya itu, sekjen PEKAT IB Kuningan yang terkenal kristis ini terus menggelorakan semangat pemuda. Dengan lantang, sosok pria yang murah senyum ini mengumandangkan butir-butir sumpah pemuda. “Kami putra-putri Indonesia berjanji, Bertanah air satu, tanah air Indonesia. Berbangsa satu, bangsa Indonesia. Berbahasa satu, bahasa Indonesia,” tegas Nana dihadapan anggota PEKAT IB Kuningan sebelum baksos dilaksanakan.

Sumpah Pemuda kata Nana, merupakan bukti otentik, bahwa pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan. Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis.

“Dalam kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda untuk membulatkan tekad demi Mengangkat Harkat dan Martabat Hidup Orang Indonesia. Tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945,” paparnya.

Semangat persatuan para pemuda dulu sambung Nana, harus diikuti pemuda masa kini. Yaitu, mengisi kemerdekaan dengan hal positif yang berguna bagi nusa dan bangsa. “Salam Nusantara,” ucapnya.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing