Jum29032024

Last updateRab, 27 Mar 2024 3pm

bjb

Profil

Ato Poles, Primadona Pameran Batu Akik

Ato Poles

Kuningan Terkini - Membludknya pengunjung pada hari pertama festival batu akik Tingkat Nasional Ramadhan Kemilau di hotel Mata Air, Sangkanhurip, Kuningan membuat sibuk peserta yang menjual berbagai macam batu akik, tidak terkecuali di stan Ato Poles. Berbekal pengalamannya di Rawa Bening Jakarta, pemilik Ato Poles yang akrab disapa Ato Bacan kebanjiran pesanan dan menjadi primadona dala pameran batu akik yang spektakuler ini.

Dengan segudang pengalaman yang dimilikinya itu, batu akik yang dibuat Ato Bacan sangat indah sesuai dengan warna dan gambar batu akik itu sendiri. Dengan sentuhan tangannya yang lincah, batu akik selesai dibuatnya hanya dalan hitungan jam saja. Tidak heran jika Ato Bacan kebajiran pesanan.

“Sehari harinya, saya menjual batu akik di Pujasera Kuningan. Namun karena ada pameran batu akik tingkat nasional ini terpaksa tokonya tutup,” katanya kepada Kuningan Terkini, Senin (22/6/2015).

Pameran batu akik ini kata Ato, memberi banyak keuntungan bagi pedagang jiga bagi pengunjung. Pedagang bisa menjual bahan batu akik mentah atau biasa disebut rough maupun yang sudah jadi, pengunjung juga bisa langsung memesan batu akik sesuai dengan selera. Bahan mentah yang paling banyak dicari, adalah jenis Calcedony, mulai dari warna putih, merah, kuning, dan keemasan.

“Bongkahan jenis bacan, lavender, giok aceh, giok sungaidareh padang, kalimaya banten, dan jenis batu hitam atau kecubung juga laris manis,” terangnya.

Untuk jenis premium seperti bacan dan kalimaya kata Ato Bacan, Ia membatasi jumlahnya karena mahal. Dua jenis ini batu akik ini lebih banyak Ia jual dalam bentuk siap pakai. “Harganya batu Bacan ini beragam, sesuai dengan bentuk dan kualitas dari batunya. Kalua yang bagus bisa puluhan juta kang,” kata Ato Bacan menjgakhiri perbincangan.(j’ly)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing