• Home
  • Pemerintahan
  • Parlementaria
  • Politik
  • Hukum
  • Profil
  • Aneka
  • Wisata
  • Sosial
  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Olahraga
  • Kesehatan

Sen24072017

Last updateSen, 24 Jul 2017 9am

Politik

Pileg 2019, Nasdem Kuningan Targetkan 5 Kursi

Drs. Eka Sugiarto

Kuningan Terkini - Menghadapi pilkada 2018 dan pileg/pilpres 2019, ada tiga momen politik yang akan dihadapi oleh semua parpol dan komponen masyarakat, termasuk didalam nya Partai Nasdem Kuningan. Ketiga momen penting tersebut, diantaranya Pilkada serentak 2018, Pileg 2019 serta Pilpres 2019.

Menurut Ketua Partai Nasdem Kuningan, Drs Eka Sugiarto, menghadapi Pilkada 2018, saat ini Partai NasDem Kuningan bersiap diri untuk turut mewarnai Pilkada dalam upaya mengimplementasikan program partai dalam melakukan restorasi secara komprehensif melalui penetapan kebijakan daerah dalam berbagai bidang.

“Kami akan menjaring kader internal dan atau tokoh eksternal partai yang memiliki kesamaan visi dan misi dengan Partai NasDem,” kata Eka kepada Kuningan Terkini, Rabu (15/03/2017).

Hasil penjaringan tersebut kata Eka, tentunya akan dikaji oleh DPD Partai NasDem menjadi bahan usulan kepada DPP/DPW Partai NasDem. Beberapa nama tengah di bidik, termasuk petahana yang menurut kita pantas untuk diajukan sebagai bakal calon bupati atau wakil bupati.

“Dalam penjaringan tersebut, kami akan melibatkan struktur partai, mulai dari tingkat Kecamatan hingga tingkat desa/kelurahan,” ujarnya.

Selain itu sambung Eka, pihaknya sedang melakukan penyiapan perangkat partai melalui kegiatan konsolidasi organisasi yang terkait dengan konsolidasi kelembagaan (struktur partai, organisasi sayap, keanggotaan dan kaderisasi), yang diharapkan akan tuntas pada ahkir bulan ini.

“Kami juga akan menjajagi kemungkinan untuk dapat mengusung pasangan calon melalui koalisi dengan pertai lain,” ucapnya. Koalisi dengan partai lain terang Eka sangat terbuka. Meskipun saat ini di DPRD, anggota DPRD asal Partai NasDem gabung dengan PDIP Fraksi Restorasi PDI Perjuangan, namun dalam hal menentukan kebijakan politik terkait dengan Pilkada Partai NasDem tidak terikat oleh fraksi.

“Kami akan melaksanakan secara taat asas kebijakan Partai yang lebih atas dalam mengikuti kegiatan proses pilkada 2018. Target untuk DPRD Kuningan, 6 kursi atau 2 kali lipat dari 3 jumlah kursi yang sekarang dimiliki hasil Pemilu 2014,” paparnya.

Sementgara untuk persiapan menghadapi Pileg 2019 dan Pilpres 2019 terang Eka, Partai NasDem Kuningan tengah melakukan pembenahan dan konsolidasi struktur partai, baik pada tingkat DPD, DPC maupun khususnya pembentukan Dewan Pimpinan Ranting (DPRt) di tingkat Desa/Kelurahan, yang dipastikan akan selesai pada akhir Maret 2017.

“Pelantikan DPRt dan Deklarasi organisasi sayap seperti Garda Wanita, Garda Pemuda, Liga Mahasiswa Partai NasDem, dan Badan Advokasi Hukum (BAHU) Partai NasDem akan dilaksanakan pada bulan April 2017,” terangnya.

Lebih jauh Eka menjelaskan, penjaringan Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) akan segera dilakukan untuk mendapatkan bakal calon sejumlah anggota DPRD yaitu 50 orang sesuai alokasi kursi pada tiap Dapil, termasuk menjaring Bacaleg gender perempuan sebanyak 30 persen.

“Penjaringan Bacaleg diutamakan bagi anggota atau kader yang berada pada kepengurusan partai disemua tingkat dan pengurus orsap partai NasDem serta bacaleg dari eksternal partai bagi siapapun yang menerima AD/ART serta program dan kebijakan-kebijakan Partai NasDem,” pungkasnya.(j'ly)

Add comment