Jum29032024

Last updateRab, 27 Mar 2024 3pm

bjb

Pendidikan

Mahasiswa Uniku Lolos Seleksi Nasional

Mahasiswa Uniku Lolos Seleksi Nasional

Kuningan Terkini- Kementrian Pemuda dan Olahraga Repubik Indonesia (Kemenpora RI) menyelenggarakan seleksi pertukaran pemuda antar Negara (PPAN) untuk menyeleksi putera puteri terbaik bangsa yang akan mewakili Negara di berbagai proram pertukaran pemuda antar Negara.  Pada tahun 2018, Kemenpora memberikan tiga (3) jatah kuota untuk perwakilan Provinsi Jawa Barat untuk ditempatkan di Australia, Jepang dan India.

Guna memilih wakil terbaiknya, Kemenpora melaksanakan seleksi dari mulai tingkat Kabupaten melalui PCMI (Purna Caraka Muda Indonesi) yang merupakan organisasi bagi alumni pertukaran pelajar di bawah Kemenpora. Dalam seleksi di tingkat Kabupaten, dua (2) mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI ) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku), berhasil terpilih sebagai peserta terbaik dan berhak mewakili Kuningan di tingkat seleksi Nasional yakni atas nama Nursidik dan Dahrul Mu’min .

“Di tingkat nasional dibagi menjadi dua tahapan seleksi , yakni tahap satu regional Jabar yang diikuti oleh sekitar 100 orang lebih perwakilan dari tiap Kabupaten dan Kota di Jawa Barat. Seleksi tahap satu ini menghasilkan 30 orang terbaik yang akhirnya akan di karantina oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat,” kata Nursidik, Rabu (25/04/2018).

Diterangkannya, di 30 besar, Ia dan Dahrul di uji kapasitasnya dari berbagai aspek, mulai dari bahasa, unjuk kabisa, pengetahuan umum, leadership, focus group discussion, serta manejemen event. Seluruh rangkaian test tersebut digelar dalam kurun waktu empat hari dengan jadwal yang super padat.

“Saya bersama rekan dan sahabat saya Dahrul, diuji kapasitasnya dari berbagai aspek, mulai dari bahasa, unjuk kabisa, pengetahuan umum, leadership, focus group discussion dan management event,” terangnya.

Di akhir seleksi, terpilihlah tiga orang terbaik yang diraih oleh perwakilan dari Kabupaten Bandung, Purwakarta dan Sukabumi. Mereka berhak mewakili Indonesia ke Autralia, Jepang dan India. “Alhamdulillah, walaupun kita belum lolos, kami bersyukur bisa mewakili Kabupaten Kuningan di tingkat nasional,” pungkasnya.(NR)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing