Jum29032024

Last updateRab, 27 Mar 2024 3pm

bjb

Pemerintahan

Geothermal, Pemda Harus Kaji Lebih Dalam

Rana Suparman

Kuningan Terkini – Terkait munculnya kembali isu proyek geothermal di wilayah kerja panas bumi (WKP) Gunung Ciremai, pemerintah daerah harus mengkaji lebih luas, jangan sepihak saja. Hal itu dikomentari oleh Ketua DPRD Kuningan Rana Suparman disela-sela acara Rakercab PDIP Kuningan di rumah makan Mayang, Selasa (20/09/2016).

“Pemerintah darah harus memahami secara utuh, biar objektif apalagi akademik yang berbicara jangan karena pengaruh kekuasaan. Seluruh lapisan masyarakat dan penyelenggara daerah untuk mengkaji, jika banyak madhorotnya atau manfaatnya kita bicarakan, jangan hanya sepihak saja,” katanya.

Sebagai penyelenggaraan pemerintah daerah, lanjut politisi dari PDIP ini, ketika ingin mengekplorasi sumber daya alam, tentunya harus mengkaji lebih dalam, dengan mencari tahu keinginan dari masyarakat Kuningan. “Penyapaian rakyat khususnya dari masyarakatkaki gunung ciremai apa setuju atau tidak , terus masyarakat petkotaan setuju atau tidak dan mayarakat wilayah kuningan timur yang jauh dari WKP. Kita melihat dampak dari sebuah eksplorasi ,” tuturnya.

Tahun lalu, DPRD Kuningan menyampaikan sikap pokitik dewan terhadap Geothermal, untuk menolak adanya eksplorasi panas bumi di Gunung Ciremai. “Hingga saat ini sikap politik dewan belum mencabut penolakan terkait sumber daya alam. Kami mempunyai pemikiran sendiri, dan berikan kami kesempatan ntuk bisa mengolah sumber daya alam sendiri. Karena rakyat Kuningan berhak menjaga wilahnya sendiri,,” ujar Rana (l.hakim)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing