Jum29032024

Last updateRab, 27 Mar 2024 3pm

bjb

Pemerintahan

Penerimaan Cukai Tembakau Naik Tipis

Sosialisasi penggunaan dan pemaqnfaatan dana bagi hasil cukai.

Kuningan Terkini - Pemerintah daerah Kabupaten Kuningan melalui Bidang Bagian Perekonomian Pemda Kuningan berhasil menghimpun penerimaan bea dan cukai tembakau pada tahun ini senilai Rp 3,3 miliar. Kendati belum sampai akhir tahun, realisasi ini sudah mendekati target penerimaan. Penerimaan ini naik tipis dibanding tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp 3,1 miliar.

“APBD Kuningan juga menargetkan mendapat tambahan dari pajak rokok sebesar Rp 25 Miliar. Namun, untuk sektor pendapatan dari pajak rokok, sampai dengan triwulan ke-tiga tahun anggaran 2014, baru mencapai sekitar Rp 10,29 Miliar atau sekitar 40,52%,” kata Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan, Trisman diamini Kepala Dinas Pendapatan Daerah Dian Yanuar kepada KaTer, Jumat (17/10/2014).

Menurutnya, salah satu kegiatan sosialisasi dilakukan untuk peningkatan kualitas mutu tembakau. Penyerapan DBHCT disesuaikan dengan pola tanam tembakau, dan dana cair itu disesuaikan pada masa tanam berakhir.

“Untuk Kuningan penerimaan saat ini yang mencapai 3,3 miliar akan dialokasikan ke beberapa dinas seperti Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta dinas terkait lainnya,” sebutnya.

Di wilayah Kuningan sambung Trisman, termasuk daerah penghasil tembakau. Sebanyak 10 desa yang mendapatkan DBHCT, salah satunya yakni Desa Darma sebagai penghasil tembakau. Dari alokasi itu, dana yang diperuntukan untuk para kelompok tani tembakau bisa dalam bentuk barang maupun anggaran.

Sementara itu, Ketua APTI Kabupaten Kuningan Toto Susanto menyebutkan, luas tanaman tembakau di kabupaten Kuningan pada tahun ini mencapai sekitar 160 Hektare, milik petani yang tergabung dalam 18 kelompok tani tersebar di beberapa kecamatan.

"Produksi tembakau Kuningan pada tahun ini rata-rata mencapai 10 ton daun tenbakau basah per Hektare, dengan harga jual Rp 2.500/Kg tembakau basah," pungkasnya.(AND)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing