Fishing

Proyek Jalan Longkewang Capai 2 Milyar

Kam18042024

Last updateKam, 04 Apr 2024 4am

bjb

Pemerintahan

Proyek Jalan Longkewang Capai 2 Milyar

Proyek jalan layang longkewang.

Kuningan Terkini - Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Bina Marga akhirnya memutuskan Jalan Longkewang Kecamatan Ciniru untuk dibangun jalan layang dengan anggaran mencapai Rp 2 milyar. Pembangunan jalan sepanjang 50 meter akibat longsor ini, dinilai sangat tepat mengingat kondisi tanahnya yang tidak mungkin diperbaiki seperti semula.

“Iya kami putuskan membangun jalan layang, karena memang yang terbaik seperti itu,” ucap Kadis Binas Marga Kuningan, Drs H Dadang Darmawan MSi kepada KaTer, Kamis (28/8/2014).

Dijelaskan, jalan layang tersebut akan dibangun dengan sistem di beton, baik itu bawahnya maupun jalan layangnya. Dengan begitu akan tahan lama, sehingga akan membuat warga merasa aman. Pemerintah pun telah mengalokasikan dana sebesar Rp 2 miliar untuk pembangunan jalan selebar 3,5 meter sehingga dengan ukuran ini mobil akan bebas berlalu lalang.

“Karena proyek tahun 2014, maka pembangunan harus beres akhir tahun ini. Saya yakin ini bisa tercapai,” katanya.

Sementara, dilokasi tampak para pekerja tengah memasang besi beton. Akan dibangunnya jalan layang membuat warga sumringah. Karena, dengan putusnya akses jalan utama tersebut membuat warga tersiksa dan harus memutar arah ketika menuju ke ibu kota Kecamatan Ciniru.

“Kami sudah tidak sabar ingin jalan beres karena sudah cukup lama menanti yakni dari bulan Februari atau sejak tanah longsor,” ujar Kaur Pemerintahan Desa Longkewang Didi.

Warga setempat, Wardi menyebutkan, selama ini warga yang akan ke kecamatan atau pun ke Kuningan menggunakan jalan setapak yang dibuat warga dengan membelah bukit. Ketika musim kemarau, warga sedikit bernapas lega tapi ketika musim hujan mereka akan merasa was-was karena jalan menjadi licin karena masih tanah merah.

“Kalau tidak butuh, saya tidak ingin lewat jalan kesini karena khawatir jatuh ke jurang bekas longsor yang dalamnya mencapai 10 meter,” sebut Wardi asal Desa Nangka, Kecamatan Kadugede yang akan menuju ke Ciniru.(AND)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing