Kam28032024

Last updateRab, 27 Mar 2024 3pm

bjb

Parlementaria

Sulit Manfaatkan Mata Air, TNGC Jadi Kendala?

H Karyani

Kuningan Terkini - Salah satu prospek yang paling menjanjikan untuk meningkatkan PAD Kabupaten Kuningan adalah sumber mata air yang dikelola PDAM. Pasalnya, sumber mata air di Kuningan dibutuhkan oleh beberapa daerah seperti ke kota Cirebon, Brebes dan Indramayu. Namun, pemerintah daerah khususnya PDAM, harus meregulasikannya dengan benar.

“PAD yang dihasilkan di Kuningan salah satunya dari air, namun disisi lain posisi mata air tersebut berada di kawasan Taman Nasional Gungung Ciremai (TNGC). Yang menjadi kendala adalah penempuhan IUPA (Izin Usaha Pemanfaatan Air),” kata H Karyani dari Komisi II DPRD Kuningan usai melakukan kunjungan ke kota Cirebon, Senin (17/10/2016).

Politisi dari PDIP ini menyebutkan, nominal dana yang harus dipersiapkan perkubik itu sebesar Rp. 250 juta pertahun untuk operasional. “Dana tersebut dibayarkan ke pihak TNGC,” katanya.

Hal ini kata Karyani, merupakan kendala yang harus segera diselesaikan. Pemda harus menyatakan sikap kepada TNGC, apakah TNGC mau dibubarkan diturunkan levelnya, sehingga pemda bisa mengambil alih sumber mata air yang berada dikawasan TNG dan hutan rakyat bisa dikelola seperti dulu. Jangan warga saja yang mendesak TNGC dibubarkan, pihak pemdapun harus tegas mengambil sikap.

“Misalnya, regulasinya seperti apa, tindakan pemerintah kepada TNGC seperti apa. Tidak seharusnya pemda menungu dan menunggu. Jika seperti ini terus, banyaknya sumber mata air di Kuningan hanyalah bagian dari hiasan semata. Tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kuningan," ujarnya.

Lebih jauh Yani mengatakan, keberadaan TNGC sangat tidak menguntungkan. Untuk itu, Ia sepakat dengan desakan warga yang minta TNGC dibubarkan. Meski banyak kendala, namun hal ini bisa dilakukan. Karena SK TNGC lebih rendah dari undang-undang.

“Ada sumber mata air di Kuningan, namun Kuningan sendiri tidak bisa memanfaatkan keberadaan sumber mata air tersebut. Ironisnya, Kuningan bisa memanfaatkan sumber mata air dengan membayar kepada pihak TNGC. Untuk itu, saya sepakat jika TNGC dibubarkan,” pungkasnya.(L.Hakim)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing